Thank you for give us a message ! We’ll reach you as soon as possible.

Back to Home Page
Work with us
Apply as Freelancer
Got Question ?

You have read our website and still have question(s) left. Please, don’t be shy and ask us.

What can we do for you? We would love to listen and discuss your concerns. Let’s collaborate and make right product for your business.


If you like to work with new people and have passion to turn a challenge into something awesome, join us!

Jalan Titiran 7, Bandung
40133, West Java, Indonesia
+62-22-2531318
hello@labtekindie.com

Emphaty on Design Thinking

Design Thinking adalah sebuah framework problem solving yang menggunakan prinsip-prinsip desain dalam menyelesaikan masalah. Design Thinking menitikberatkan pengguna/manusia sebagai inspirasi utama dalam memunculkan inovasi.

 

One of the critical part dari Design Thinking adalah empathy. Empathy dibutuhkan untuk understand how to be in other people's shoes. Cara berempati itu ada 3: observe, immerse and engage.

 

How to develop empathy? Through observation and interview. Di Labtek Indie, proses interview adalah proses yang berharga karena dalam proses ini kita bisa engage user secara langsung sehingga terbuka kesempatan untuk menghasilkan problem solving. Sayangnya dalam melakukan interview kita seringkali menemukan keterbatasan waktu, sehingga kita perlu memastikan proses interview kita bisa menghasilkan insights yang optimal.

Wawancara dalam Design Thinking

Untuk itulah dibutuhkan teknik-teknik interview yang baik. Agar interview bisa optimal, kita perlu menggunakan pertanyaan-pertanyaan yang tepat. Pertanyaan adalah trigger untuk mendapatkan respon dari user, apabila kita menggunakan pertanyaan yang tepat, kita bisa menggali insight terdalam dari seorang user. Feedback/respon yang jujur dan mendalam dari seorang user akan menjadi sangat berharga karena dapat membantu kita pinpoint what is our customers that can be our opportunity to innovate.

 

Proses interview adalah salah satu metode yang paling kaya untuk mendapatkan insights karena sifatnya yang interaktif. Namun interview juga rentan terjadi bias dalam menginterpretasikan respon. Untuk menghindari bias, perlu disusun panduan interview yang baik, ditambah banyak jam terbang melakukan interview kita akan bisa mengoptimalkan proses interview.

 

Sebagai designer/problem solver, tim di Labtek Indie senantiasa memulai proses desain dengan our own critical subjectivity, ini dapat digunakan sebagai titik awal menyusun interview guide.

 

Ada beberapa panduan untuk menyusun pertanyaan yang baik untuk melakukan user inquiry, berikut panduan tersebut:

 

Define problem statement. Problem statement adalah tema yang ingin kita gali. Biasanya problem statement dalam Design Thinking berbentuk kalimat tanya. Kalimat tanya yang umum, yang merupakan soul dari proses interview yang berjalan.

 

Pastikan problem statement yang ada sudah di-refine, lakukan iterasi dan pendalaman dari problem statement awal yang kita buat.

Ideasi dengan membuat banyak daftar pertanyaan:

  • Hindari yes/no questions.
  • Hindari pertanyaan yang mengarahkan respon ke hasil yang kita harapkan.
  • Perbanyak penggunaan open ended quesitions.

 

Kurasi daftar pertanyaan tersebut sehinggka akan terbayang narasi interview yang dihasilkan mengalir dengan baik.

Tips Melakukan Wawancara

Bagi saya proses interview adalah proses yang sangat challenging, karena tidak pernah sama antara satu interview dengan interview lain. Orang yang ditemui juga beragam, kita tidak tahu apakah orang yang diwawancara akan talkative, pendiam atau hadir dengan karakter lainnya.

 

Oleh karenanya menjadi interviewee diperlukan latihan terus menerus. Semakin tinggi jam terbang, akan semakin effortless dan luwes dalam melakukan interview. Best interview adalah honest conversations.

 

Beberapa tips yang perlu diingat dalam melakukan wawancara:

  1. Mulai dengan build rapport.
  2. Perbanyak penggunaan open ended questions.
  3. Go with the flow, but stick with the script.
  4. Be genuinely curious.

Those are some tips from our kitchen, on how to capture insights/feedback from users. Hope it can help you in your project. Ikuti terus blog Labtek Indie untuk berbagai informasi dan insights seputar Design Thinking, research on how development on digital needs, and many more.


Header image source: Pixabay.





Seterhen Akbar

Seterhen Akbar

An avid entrepreneur & strategic leader in the office, changing diapers for kids at home. ROV pilot with a pirate soul. One Piece is out there! Follow me @seterhenakbar.

An avid entrepreneur & strategic leader in the office, changing diapers for kids at home. ROV pilot with a pirate soul. One Piece is out there! Follow me @seterhenakbar.

Things you might like

Review

Design Thinking Bersama Indosat

Labtek Indie berkesempatan memberikan workshop di acara Growth Partners: Capability Building 2017 di Gedung Djakarta Theatre bersama tim sales Indosat. Dalam acara ini, Labtek Indie menjadi salah satu fasilitator yang mempresentasikan Design Thinking.

By Ghea Raema | July 24, 2017

Insight

Pentingnya Prototyping dalam Proses Design Thinking

Prototype sendiri adalah tahapan yang ditujukan untuk mentransformasi sifat-sifat abstrak dari sebuah ide menjadi lebih berwujud. Tahapan ini tidak hanya berupa proses visualisasi ide tetapi juga proses pembangunan ide.

By Ghea Raema | July 17, 2017