Thank you for give us a message ! We’ll reach you as soon as possible.

Back to Home Page
Work with us
Apply as Freelancer
Got Question ?

You have read our website and still have question(s) left. Please, don’t be shy and ask us.

What can we do for you? We would love to listen and discuss your concerns. Let’s collaborate and make right product for your business.


If you like to work with new people and have passion to turn a challenge into something awesome, join us!

Jalan Titiran 7, Bandung
40133, West Java, Indonesia
+62-22-2531318
hello@labtekindie.com

Design Thinking merupakan metode yang fokus terhadap human centered design. Dengan kata lain, ide-ide yang dihasilkan dari proses ini, dikembangkan berdasarkan kebutuhan dari user produk maupun jasa untuk dijadikan menjadi solusi yang efektif. Untuk hal tersebut, kita harus berterima kasih terhadap feature User Stories.

User Stories, at Glance!

User Stories pada umumnya bukan bagian dari Design Thinking. User Stories adalah bagian dari Agile Performance, salah satunya Scrum Method. User Stories merupakan sebuah feature yang menjembatani pemahaman mengenai kebutuhan user dengan ide yang ada.

 

Labtek Indie sendiri mengadaptasi feature ini sebagai bagian dari Design Thinking. Feature ini berfungsi untuk menstimulus seseorang agar berfikir layaknya seorang user mengenai kebutuhan, keinginan, dan kapabilitas dari sebuah produk atau jasa. Dengan kata lain, User Stories menciptakan ruang untuk seseorang mendeskripsikan secara detil mengenai kebutuhan-kebutuhan yang muncul dan alasan dibalik kebutuhan tersebut.

Hasil yang diproduksi User Stories berkebalikan dengan proses penggunaanya. Secara umum, User Stories memiliki format yang mempermudah seseorang untuk menerjemahkan ide-ide nya menjadi sebuah solusi, yaitu:

As I (type of user)

I want (to perform some task)

So that I can (achieve some goal/benefit/value)

Melihat dari format tersebut, dapat disimpulkan bahwa User Stories menjawab untuk siapa, apa dan mengapa ide tersebut akan berhasil.

Apa yang Bisa Diberikan oleh User Stories?

Proses Design Thinking sesungguhnya adalah proses yang fleksibel. User Stories bukan satu-satunya feature yang dapat dimasukkan untuk dapat membantu proses penciptaan solusi. Tetapi dalam kasus pengembangan sebuah produk dan jasa, penyusunan User Stories bisa menjadi sangat reflektif, aplikatif serta menyokong keseluruhan proses Design Thinking.

 

Dalam ranah IT, seorang developer akan lebih dapat memahami apa yang perlu dikembangkan, mana hal yang bisa diprioritaskan dan tingkat kesulitan dari dari ide-ide yang hadir melalui User Stories. Proses ini akan menciptakan ide yang user-centered. Proses ini pada akhirnya dapat mempermudah dan memangkas waktu pengembangan produk yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh user.


Follow akun media sosial Labtek Indie di sini: Twitter, Facebook, Instagram dan LinkedIn untuk mendapatkan update dari konten-konten menarik seputar Design Thinking. Ingin tahu lebih lanjut bagaimana Labtek Indie bisa membantu Anda, bisa kirim email ke: hello@labtekindie.com.


Artikel diolah dari berbagai sumber: Atlassian.com, Romanpichler.com, Scrumalliance.org, dan Yodiz.com. Gambar diolah dari: Pexels 1, Pexels 2, dan Ghipy.

 





Ghea Raema

Ghea Raema

Content Writer. Occasionally a writer. 60s soul behind the analog camera and a collection of peculiar things. Arts and Books slave. Honestly, just being a friend with technology, and evidently it’s fun.

Content Writer. Occasionally a writer. 60s soul behind the analog camera and a collection of peculiar things. Arts and Books slave. Honestly, just being a friend with technology, and evidently it’s fun.

Things you might like

Review

Design Thinking Bersama Indosat

Labtek Indie berkesempatan memberikan workshop di acara Growth Partners: Capability Building 2017 di Gedung Djakarta Theatre bersama tim sales Indosat. Dalam acara ini, Labtek Indie menjadi salah satu fasilitator yang mempresentasikan Design Thinking.

By Ghea Raema | July 24, 2017

Insight

Pentingnya Prototyping dalam Proses Design Thinking

Prototype sendiri adalah tahapan yang ditujukan untuk mentransformasi sifat-sifat abstrak dari sebuah ide menjadi lebih berwujud. Tahapan ini tidak hanya berupa proses visualisasi ide tetapi juga proses pembangunan ide.

By Ghea Raema | July 17, 2017